Berkomunikasi merupakan sebuah kegiatan yang amat penting bagi manusia,tidak hanya mereka yang tinggal di daerah perkotaan tapi juga mereka yang hidup di daerah pedesaan.Kegiatan berkomunikasai meliputi berbagai bentuk,mulai dari sekedar bicara dengan orang lain,membaca,menulis,nonton televise,mendengarkan radio sampai menonton film.Mengutip Fredrick Williams1,dalam kehidupan normal,manusia menghabiskan sekitar 75% dari waktu yang ada,di luar waktu tidurnya,untuk berkomunikasi.
Apa definisi Komunikasi ?
Kata komunikasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Comunication dan menurut seorang pakar komunikasi Wilbur Schramm dalam bukunya The Process and Effect of Mass Comunication2 berasal dari kata Latin communis yang berarti ‘sama’.Sedangkan Sir Gerald Barry dalam buku communication and Language3 berasal dari kata communicare yang artinya bercakap-cakap.Carl Hovland mengatakan bahwa komunikasi adlah proses dimana seseorang (komunikator)menyampaikan rangsangan (stimuli)dalam bentuk lambing (kata-kata)untuk mengubah tingkah laku orang lain (komunikan).Dengan demikian komunikasi bukan hanya proses penyampaian pesan,melainkan juga proses bagaimana mengubah perilaku.Dalam komunikasi orang berusaha mencapai kesamaan pengertian atau makna.Informasi yang disampaikan harus sama-sama dimengerti.
Proses Komunikasi KOMUNIKATOR——à PESAN——à KOMUNIKATOR-—à EFEK I I I I I I I________SALURAN__________I
Elemen-Elemen dari proses komunikasi adlah:
- Komunikator ,pihak yang menyampaikan pesan
- Pesan,melalui
- Sebuah saluran,kepada
- Komunikasi,pihak yang menerima pesan dengan tujuan mendapatkan
- efek,dari pesan komunikasi pada komunikan akibat dikirimkannya pesan tersebut oleh komunikator
Sebuah model komunikasi lain dibuat oleh Harold Lasswell sebagai berikut: WHO Says WHAt In which CHANNEL To WHOM With what EFFECT
FUNGSI MEDIA MASSA
Dalam masyarakt modern,media massa digunakan untuk berbagai macam tujuan.Wilbur Schramm menyebutkan empat fungsi dan peranan media massa,yaitu memberikan penerangan/informasi(to inform),pendidikan (to educate),mempengaruhi (to persuade) dan menghibur (to entertaint).Sedangkan Harold Lasswell menambahkan fungsi media massa yaitu sebagai pengamat lingkungan/social(social surveillance)dan menstransmikan warisan social dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mengacu kepada fungsi-fungsi media massa di atas,dapat dijelaskan secara terperinci :1. Funsi memberikan penerangan/informasi (to inform)2. fungsi mempengaruhi (to persuade)3. Fungsi menghibur(to entertain)Memberikan sebuah pesan yang menghibur dalam bentuk lelucon ,musik dan lain-lain. Media massa secara garis besar dapat di bedakan menjadi dua yaitu media cetak dan media elektronik.Media elektronik sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu media audio(radio)dan media audio visual(televise dan film).
KARAKTERISTIK RADIO
- Menciptakan ‘theater of mind’
- Menjangkau jutaan pendengar
- Berbicara secara personal
- Bersifat cepat
- Melampaui batas territorial
- Bersifat sederhana
- Murah
- Selintas dengar
- Dapat disambi
- Selektif
- Tidak menggunakan ‘ruang’
- Memiliki kepribadian
- Memiliki musik
- Memiliki unsur’surprise’
- Dapat mengalami gangguan (noise)
- Merupakan sumber informasi
ANNOUNCERAPA ITU ANNOUNCER,BROADCASTER,NEWSCASTER,DJ ?? Dalam sebuah media komunikasi,khususnya radio,penyiar,broadcaster,atau Dj adlah ujung tombak karena langsung berhadapan dngan pendengar. Penyiar disebuah radio dapat disebut sebagai seorand DJ,yang mrupakan kependekkan dari Disc Jockey.Istilah Dj yang popular didunia diskotik senenarnya berasal dari dunia radiosiaran.Seoran Djberfungsi mengantar dan menyusun materi siaran sehingga menjad sebuah acara yang dinamis,tidak terputus(dead-air)mulai dari awal sampai akhir.Dengan demikian seoran Dj dituntut terampil dalam menyusun elemen-elemen siaran yaitu lagu,materi kata,iklan,jingle,dan lain-lain menjadi sebuah rangkaiain yang menarik.Perbedaan spesifik antara seorang Newscaster dan announcer (Dj)adlah yang dibawakan.
PENYIAR = ANNOUNCER =RADIO DJ =AIR PERSONALITY
JOB DESCRIPTION ANNOUNCER SECARA UMUM:
- Menyampaikan pesan (komersial atau non komersial)
- Memutar lagu
- Memutar iklan
- Menjadi pengisi suara (talent) sesuai dengan kebutuhan stasiun radio
BERBAGAI TIPE DJ /ANNOUNCER SECARA UMUM:1. LOW PROFILE TYPE2. SPECIALLY TYPE3. PERSONALITY TYPE
KARAKTER YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PENYIAR:1. They Think2. They Observe3. They Find Ways of Remembering4. They Teli Stories5. They Are Perfomance6. They Have Talent and inspiration7. They Are Emotionally Sensitive and have Sense of Humor8. They Have Good Listening and Interpersonal Communication Skills9. They Have the Ability to Sell10.They Have Unique Personality












